Blogger Widgets
Home » » Penyebab Paket Telkomsel Flash Menjadi Lemot (September 2012)

Penyebab Paket Telkomsel Flash Menjadi Lemot (September 2012)

Written By Indra Ahmad Iskandar on Selasa, 11 September 2012 | 15.37


Kekecewaan terhadap layanan TelkomselFlash makin besar. Salah satunya juga diungkapkan oleh Seorang Customer di Dukuh Kupang 1 Surabaya bernama Gabriel Fendy Gunawan. Ia mengaku dirugikan dengan layanan Flash yang lambat sekali, bahkan kecepatannya hanya sekitar 1-5 kbps saja.

Untuk download dan browsing sangat lambat sekali. Awalnya saya pikir modem saya yang kurang kuat menerima sinyal. Akhirnya saya coba pakai modem teman saya, namun kartunya pakai Telkomsel Flash saya, dan ajaibnya kecepatannya tetap 3-5 kbps saja, padahal itu untuk download file yang sama dan di modem yang sama, tulis Gabriel.

Ia menyebut telah mengajukan komplain ke pihak Telkomsel, namun jawabannya sangat mengecewakan. "Karena jaringan sedang terganggu. Bayangkan satu bulan saya hanya menikmati internet yang super lemot dari Telkomsel dan itu tidak ada tindak lanjutnya, sedangkan punya teman saya lancar dan enak banget untuk browsing dan download, ketusnya.

Terlebih lagi Gabriel mengaku dirugikan oleh Telkomsel dengan penurunan fair usage dari 2GB menjadi 500MB. Padahal ia berani ikut kontrak satu tahun, karena alasan dengan kuota 2GB akan digunakan untuk download dan browsing dengan kecepatanyang tidak mungkin turun.

Kalau tahu cuma 500MB, mending saya coba-coba saja, tidak mau kontrak satu tahun, dan saya mungkin akan pindah. Karena punya pacar saya kencang banget untuk download, waktu sinyal kuat bisa sampai 50-60 kbps. Bandingkan dengan Flash yang cuma 1-5 kbps [kecepatan di kartu saya], jauh sekali. Padahal itu pakai paket kecepatan yang sama yakni yang 256 kbps, katanya.

Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) telah mendesak Telkomsel untuk menyelesaikan persoalan pemotongan bandwidth TelkomselFlash kepada pelanggan.
"Telkomsel tidak bisa semena-mena memotong kuota bandwitdh tanpa ada pemberitahuan. Itu sama saja memperdaya konsumen," kata anggota BRTI Heru Sutadi.
Menurut Heru, konsumen dilindungi UU Telekomunikasi dan UU Perlindungan Konsumen, sehingga dapat mengajukan keberatan jika merasa layanan yang diterima tidak sesuai dengan janji dan ketentuan operator.
"Apabila paket dan layanan tidak sesuai dengan perjanjian awal sampai dengan masa kontrak promosi habis maka konsumen bisa mengajukan tuntutan," tegas Heru.
Sebelumnya, pada 1 September 2009 secara sepihak Telkomsel memberlakukan kebijakan baru berupa penurunan kuota bandwidth TelkomselFlash.

Kebijakan ini membuat kuota Paket Basic turun menjadi 500 Megabyte (MB) dengan kecepatan maksimum 256 kilobyte per detik (Kbps), Paket Advance turun menjadi 1 Gigabyte (GB) dengan kecepatan maksimum 512 kbps, serta Paket Pro tetap 2 GB dengan kecepatan maksimum 3,6 Mbps.

Sebelumnya, kuota yang diberikan untuk ketiga paket tersebut sama-sama 2 GB. Bila penggunaan melebihi kuota, pelanggan tidak dikenakan biaya tambahan, hanya saja secara otomatis kecepatan maksimum akan berubah. Paket Pro menjadi 128 Kbps dan Paket Basic, serta Advance menjadi 64 Kbps.

Menanggapi hal itu, Dirut Telkomsel Sarwoto Atmosutarno mengatakan pihaknya melakukan pemangkasan dalam konteks marketing gimmick atau trik pemasaran, dengan tetap memperhatikan hubungan antara kualitas dan harga secara keseluruhan.

Sementara itu, Ketua Komite Nasional Telekomunikasi Indonesia (KNTI) Srijanto Tjokrosudarmo mengingatkan, nilai satu pelanggan sangat mahal bagi operator manapun.
"Telkomsel seharusnya lebih bijak memberikan pelayanan komunikasi data tersebut. Kalau kuota bandwidth sudah ada kesepakatan dengan pelanggan itu tetap harus dipegang," kata Srijanto.
Ia juga menyoroti lambannya reaksi regulator membereskan kasus Telkomsel jika dibandingkan dengan layanan yang serupa seperti IM2 belum lama ini.

Ketika layanan IM2 menurun kualitas karena kesulitan frekuensi, regulator langsung bereaksi. Ia mengaku tidak habis pikir kenapa dengan Telkomsel regulator terkesan adem ayem.

Referensi http://www.inilah.com/read/detail/
162566/kasus-telkomselflash-harus-dituntaskan


Informasi pemasangan iklan
Hubungi : 085711416896 | Pin BB : 7409835B
atau Kirim Sms dengan format
Nama#Pasang#Produk#UkuranBanner#JumlahPasang#JangkaWaktu
Contoh : Toni#Pasang#ObatHerbal#700x100#1slot#2bulan

Share this article :

29 komentar:

  1. HEEH BENER....MAKANYA MENDING GANTI AJA AMA M2...KECEPATANNYA RADA LUMAYAN...TEMEN SAYA JG BANYAK YG PAKE...TEMEN SY SEMUA PD JERA MAKE TELKOMSEL FLASH..... MENDING GA USAH MAKE TELKOMSEL FLASH LG KASIAN RUGI WAKTU AMA RUGI DUIT.....

    BalasHapus
  2. iya gan,. ane juga kesel,. speed up nya ga ampe 5 kbps (-,-!)

    BalasHapus
  3. Wah baru tahu ternyata udh banyak yg komplain, kirain perangkat aku yg bermasalah..... awal des 2012 malah sulit u koneksi, kemarin sempat bagus... eh malemnya sd siang ini Kumat lemotnya. Pdhal kuota msh buanyak... dasar Kampret si TELKOMSELFLASH..

    BalasHapus
  4. udah lama gan,. aku jg udah beralih ke "antilelet" ,.

    BalasHapus
  5. dan katanya unlimited gratis 3 bulan tapi lemot kek gini ya sama saja terus gimana caranya kalian pindah apakah ganti kartu atau apa gitu mohon dikasih tahu soal nya baru pertama kali pakai dan kecewa banget

    BalasHapus
  6. gan, ane juga pake telkomsel flash, bener-bener lemot banget koneksinya >:( yang nyesek sih ini modem pertama kali tapi malah lemot banget begini. kalo agan2 sekarang pada pindah ke provider mana gan? atau sampe ganti modem?

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah
      kamu ganti ajah ke smartfren buakakaka
      kan masih mending tuh
      murah&hasil yg rada2 memuaskan :-D

      Hapus
  7. kalo ane pinfah ke semar friend, tpi semar friend harus bner" bgus jaringannya, kalo ngga ya sama aja,. :)

    BalasHapus
  8. entah kenapa loadingnya sekarang bikin emosi jiwa raga

    BalasHapus
  9. ampun telkom flash lemot bangt dari kemarin ngga bsa loading dah dua hari muter doang kaya gangsing tapi gagal laoding

    BalasHapus
  10. Balasan
    1. HAHAHA
      sabar mba...namanya juga jaringan indonesia :-D

      Hapus
  11. masa si gan ,,ane make biasa aja..memank agak lemot..pada jam2 tertentu ..antara jam 18.00 s/d 22.00..dan cara ngakalin ganti DNS di modem.setelah jam 22.00 ,,koneksi lancar sperti biasa..saya sering download film ..biasanya kalo download kecepatannya.bisa sampai 200 Kbp/s itu pun bsa lbih

    BalasHapus
  12. balik lagi ke koneksi masing-masing gan, mungkin koneksi didaerah agan emang bagus ,.

    BalasHapus
  13. punya ane juga lemot....ampun....

    BalasHapus
    Balasan
    1. lemotan mana smartfren dengan telkomsel flash?

      Hapus
  14. wah turut berduka cita gan... beruntung di daerah saya banyak ISP Lokal yang mnawarkan paket 100rb/bulan dengan speed 3Mbit/s (shared).. sangat cepat menurut saya. karena rentan downloadnya antara 20Kbytes/s sampai dgn 300Kbytes/s... :D :D

    kalaupun pakai GSM dan CDMA disini alhamdulillah juga sudah tercoverage dgn baik..speed sesuai op dan ketentuannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah enak banget gan,. tu di daerah mana? :D

      Hapus
  15. Telkomsel Flash LELET ABIS....nyesel 1000x n bikin sakit ati

    BalasHapus
  16. TELKOMSEL FLASH SUPER CEPAT
    saking kencengnya buat browsing lewat semua, progres loading buka 1 page muter kuenceng kek Moto GP lagi balapan dari start ampe finish (20 mnit an lah). alhasil rajin rajin lah mencet refresh--blank--refresh--blank--refres (ulangi 15 an x). pasti kebuka
    selamat ber lola ala telkomsel

    BalasHapus
  17. wahhh wahh wahhh...
    ternyata nggak smartpret ajah yg lelet
    ternyata TELKOMSEL FLASH lelet juga
    akwakwkakwa :-D

    BalasHapus
  18. Dari pada loe semua pada comment yg gak jelas karna masalah ginian
    mending ganti PROVIDER lain !

    BalasHapus

Silahkan Berkomentar Dengan Sopan dan Tidak Spam !!
Tidak diperkenankan berkomentar yang menyertakan link !
Jika ada link error saat download silahkan klik >> Disini



 
Support : STT Wastukancana | Humanikers
Copyright © 2013. BERIKABAR.COM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by BERIKABAR.COM
Proudly powered by Blogger