Saat Kepedasaan Jangan Minum Air Dingin

Ilustrasi Air Es
KEBANYAKAN masyarakat tidak suka dengan makanan yang mempunyai rasa pedas, tapi tak jarang banyak juga yang menyukainya, namun sesungguhnya makanan pedas ini sangat enak jika di bandingkan dengan makanan yang cenderung mempunyai rasa yang biasa-biasa saja.

Di Negara kita Indonesia ini, masyarakat yang menyukai makanan pedas jumlahnya sangat banyak, mungkin termasuk anda, bukan? Dengan keaneragaman suku dan budaya di Indonesia yang benareka ragam, tentu hal ini juga tidak luput dari keaneragaman masakan kuliner setiap daerah, dan bahkan beberapa daerah di Indonesia juga sangat terkenal dengan kuliner masakan pedasnya yang sangat enak.

Sensasi saat kita memakan makanan atau masakan yang berbumbu pedas akan terasa terbakar dan sakit dilidah dan tenggorokan. Namun setiap selera cita rasa pedas orang berbeda-beda, malah ada yang sengaja menambah sensasi makanan pedas dengan menambahkan sambal, agar rasa makanan semakin pedas. Namun dibalik uniknya para pencinta kuliner makanan pedas ini, jika sudah tidak tahan dengan rasa pedas yang dirasakan, hal utama yang dicari untuk meredakan rasa pedas adalah minuman, entah itu air putih, teh dan air es atau air dingin.

Cara mentralisir rasa pedas dapat dilakukan dengan banyak cara, antra lain, minuman dan makanan yang mengandung lemak (susu atau selai kacang), nasi putih dan mentimun. Tapi kebanyakan masyarakat akan mencari air es atau air dingin untuk menetralisir dan mendinginkan mulut, lidah dan kerongkongan yang teras sangat terbakar itu. Namun, asal Anda tahu, mengkonsumsi minuman dingin saat kepedasan bukan merupakan langkah yang benar, justru malah di sarankan untuk minum minuman yang hangat.

Apa yang menyebabkan rasa pedas ini terjadi? Rasa pedas ini disebabkan oleh makanan, seperti cabai, merica atau makanan pedas lainnya, yang menyebabkan proses stimulai rongga hidung dan faring yang akan memberi efek rasa pedas pada lidah. Dan tingkat ketahanan rasa pedas setiap orang pun berbeda-beda.

Saat rasa pedas sudah sangat dirasakan dan tidak bisa ditolerir, biasanya minuman dingin menjadi tujuan utama untuk menghilangkan rasa pedas tersebut, memang rasa pedas akan berkurang namun jika efek dingin sudah semakin menghilang, rasa pedas pun akan kembali muncul dan bekali-kali lipat rasanya dibandingkan dengan sebelumnya. Oleh sebab itu , sangat di anjurkan minum minuman hangat sebagai pereduksi tingkat rasa panas dan pedas yang ada dimulut, lidah dan tenggorokan.

Nah, walupun belum ada penelitian atau bantahan pasti tentang khasiat minuman hangat untuk meredakan rasa pedas ini, namun sudah banyak masyarakat Indonesia yang menerapkan tips ini, Apakahkah Anda penasaran, dan ingin mencobanya? (*)
Advertisement

Tulis Komentar
 
close button
Back to top
Situs ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik di situs kami Kebijakan Kami
Got It!